Pada hari kamis tanggal 12 agustus 2021 Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik mengadakan rapat Koordinasi Forum Kewaspadaan Dini Daerah (FKDD) Kota Palopo bersama Asisten I Bagian Pemerintahan Kota Palopo, Kepala Badan Kesbangpol Kota Palopo, Kasat Intelkam Polres Palopo, Pasi Intel Kodim 1430 Palopo, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Palopo, Dan Unit Intelkam Kodim 1430 Palopo, Bais TNI Kota Palopo, Posdabin Kota Palopo, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palopo, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palopo, Kepala Basarnas Kota Palopo, Kepala Dinas Satpol PP Kota Palopo, Dinas Kesehatan Kota Palopo, Dinas Pertahanan Kota Palopo, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palopo, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Camat Telluwanua Kota Palopo, Ketua FKDM Kota Palopo dan Pimpinan Rapat yaitu Sekertaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palopo.

Sekertaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menyampaiakan sekaligus pembuka rapat mengatakan pos pemantauan bencana agar diaktifkan, perlu dilakukan normalisasi sugai, kehadiran Dinas Kesehatan pada hari ini terkait percepatan vaksinasi di kota Palopo dan perkembangan apotik di Kota Palopo.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Palopo, antisipasi segala hal menjelang perayaan hari raya natal 2021 dan tahun baru 2022 di Kota Palopo.

Asisten I Bagian Pemerintahan Kota Palopo, sebanyak 101 rumah ibadah menjelang hari raya natal perlu dijaga menjelang hari raya natal dan tahun baru 2022 harus peka terhadap kejadian yang ada di Kota Palopo, masalah narkoba harus kompak komunikasi dengan organisasi Pemerintahan, masyarakat dan perguruan tinggi dan kasus nakoba di Kota Palopo cukup tinggi.

Kasi Intel kejaksaan Negeri Kota Palopo, banyak pengemis dilampu merah sehingga rawan kecelakaan, satu data kependudukan membuat KTP tidak dapat diterbitkan dua kali, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palopo agar lebih selektif dalam menerbitkan data kependudukan, badan penanggulangan bencana darah dan bisnis perhubungan Kota Palopo antisipasi daerah yang rawan banjir.

Ketu FKDM Kota Palopo, tidak ada efek jera bagi terpidana narkoba yang telah dipenjara, kasus terpidana narkoba di Kota Palopo lebih banyak dibandingkan dengan kasus lain, terpidana narkoba agar dibawa ke lapas tahanan militer, narkob sudah meramba ke anak SD, kepastian hukum di mancani tidak ada.

Pasi Intel Kodim 1430 Palopo, masalah longsor dikelurahan battang belum diantisipasi dengan baik, percepatan vaksinasi agar tetap dilakukan dan berita hoax yang mengatakan efek samping vaksin agar diantisipasi.

Kasat Intelkam Polres Palopo, situasi mejelang perayaan hari natal 2021 dan tahun baru 2022 harus kondusif kami menempatkan personil digereja yang akan merayakan natal 2021 dan masyarakat yang akan merayakan tahun baru 2022 diantisipasi jangan sampai menjadi klaster baru covid-19.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palopo, jumlah apotik meningkat di Kota Palopo hal ini dapat menjadi masalah khususnya penyalahgunaan obat terlarang, modus pemesanan dan peredaran obat tertentu yang sering disalahgunakan seperti tramadol dan THD.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palopo, kami tetap melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi di Kota Palopo kejar target sampai bulan desember, pengelolaan pantai labombo menjadi masalah dan kami juga tetap memantau ruko di pasar sawerigading dan terminal terkait masa kontraknya, perayaan hari raya natal 2021 dan tahun baru 2022 kami tetap bertugas.

Badan narkotika Nasional (BNN) Kota Palopo, antisipasi peredaran narkoba jenis sabu ganja disetiap wilayah khususnya menjelang malam pergantian tahun.

Kepala Basarnas Kota Palopo, berkaitan dengan cuaca yang tidak stabil segera bentuk tim gerak cepat untuk mengevakuasi pengungsian, Pemerintah Kota harus koordinasi dalam mencegah adanya bencana khususnya di penggoli dan jl. belimbing Kota Palopo, kami tetap melakukan siaga SAR khususnya menjelang hari raya natal 2021 dan tahun baru 2022 dengan sistem mobile.

POSDABIN Kota Palopo, sebanyak 72,90% untuk dosis di Kota Palopo masih banyak masyarakat menolak vaksin ada juga masyarakat yang menajak warga untuk menolak pelaksanaan vaksin, banyak masyarakat yang belum keluar sertifikat vaksinnya karena NIK belum aktif, masyarakat perlu waspada yang telah menentukan untuk liburan dan membuat acara yang dapat menimbulkan kerumunan.

Dinas Kesehatan Kota Palopo, 82 apotik dan 11 toko obat yang terdaftar di dinas kesehatan adanya tim dinas kesehatan dan puskesmas yang memonitoring ke TPI apakah ikan yang dijual mengandung formalin atau tidak, ikan yang berasal dari sulawesi tengah tetap dipantau oleh dinas kesehatan dan puskesmas.